Praktik Terbaik Desain Web Responsif


Seiring teknologi perangkat bergerak terus membaik, menjadi semakin layak untuk bersandar pada smartphone sebagai alat utama untuk menjelajahi Internet. Ini berarti bahwa desain web responsif (RWD) mutlak diperlukan untuk situs web apa pun yang berharap dapat menarik dan mempertahankan lalu lintas web.

Selain itu, dalam ekonomi on-demand kami saat ini, konsumen semakin berharap untuk melakukan transaksi e-niaga dengan persyaratan mereka sendiri setiap saat, jadi setiap perusahaan yang situs webnya tidak dioptimalkan untuk ponsel atau tablet berisiko kehilangan pelanggan. Situs dengan pengalaman pengguna yang menyenangkan akan mengalahkan pesaing apa pun yang membuat para penggunanya frustasi setiap waktu, jadi penting bagi perancang web untuk memastikan bahwa situs mereka melayani perangkat dengan segala bentuk dan ukuran secara efektif.

Baik desain maupun pengembangan penting dalam mencapai hal ini, jadi berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk mendapatkan desain web yang responsif untuk situs web Anda.

Pikirkan Ponsel Pertama

Karena semua orang beralih ke perangkat seluler akhir-akhir ini, sebaiknya pastikan Anda menempatkan langkah terbaik ke depan dengan situs yang dioptimalkan untuk seluler. Ini berarti berpikir ulang cara Anda membuat situs web dan membuang proses apa pun yang bertentangan dengan pencapaian situs yang menayangkan layar dengan lebar dan resolusi yang berbeda-beda.
Selain daya tarik visual dan keterbacaan yang optimal, situs juga harus responsif pada semua ukuran layar juga - jadi mulailah dengan merancang untuk tampilan terkecil dan keluar dari sana. Cara lain untuk membantu mengakomodasi berbagai layar adalah menggunakan tata-letak cair yang dirancang untuk tujuan itu.

Dengan cara ini, Anda tidak akan cukup diatur untuk parameter saat ini dari smartphone, tablet dan laptop / monitor, tetapi mampu skala untuk ukuran layar dengan mudah - memungkinkan Anda fleksibilitas untuk mengakomodasi beberapa tampilan antara yang tidak diketahui jika jenis perangkat baru atau model tiba-tiba menjadi tersedia.

Konteks Penting

Saat mendesain situs Anda untuk mengakomodasi semua ukuran tampilan yang berbeda ini, jangan hanya berkonsentrasi untuk menjejalkan semua konten Anda ke dalam ruang. Ingatlah konteks mengapa pengguna akan mengunjungi situs Anda dan memprioritaskan konten tersebut agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Di sinilah data tentang kebiasaan browsing pengguna Anda sangat berguna.

Mengetahui apa yang paling sering dicari pengguna di perangkat yang berbeda, jasa pembuatan website toko online dapat membantu Anda merancang desain pengalaman pengguna agar sesuai dengan kebutuhan audiens Anda. Cukup pas semua konten Anda ke dalam tata letak yang berbeda dapat mengabaikan nuansa penting ini, yang berarti Anda dapat membuat pengguna seluler Anda melewati kolom konten yang tidak berguna untuk mencari sesuatu yang mereka butuhkan segera. Tetapkan data apa yang Anda miliki atau dapat kumpulkan pada aktivitas pengunjung sedini mungkin dalam proses pengembangan untuk membantu membuat kerangka kerja tentang bagaimana Anda harus mengukur konten Anda.

Optimalkan Navigasi

Memastikan bahwa pengguna Anda dapat menavigasi situs Anda dengan mudah dan efisien adalah bagian yang sangat sulit dalam mencapai desain web yang responsif. Ini berlaku ganda untuk menu yang lebih besar dan lebih rumit. Untuk alasan yang jelas, solusi yang paling baik untuk monitor laptop dan monitor yang lebih besar tidak selalu merupakan pilihan terbaik untuk layar yang lebih kecil. Jadi Anda perlu skala antarmuka navigasi Anda untuk mencapai pengalaman yang konsisten dan mudah digunakan di seluruh presentasi situs Anda yang berarti bahwa menu navigasi yang tepat dapat berubah berdasarkan ukuran tampilan. Memang benar, mengubah aspek desain situs Anda biasanya merupakan pengalaman pengguna tanpa-tidak. Jasa pembuatan website menjadi salah satu alternatif yang bisa membantu anda dalam penanganan navigasi anda.

Namun, dalam hal ini tujuannya adalah untuk tetap konsisten seperti yang Anda bisa dalam navigasi, termasuk presentasi visual dan pelabelan, sementara tidak menjadi budak untuk mempertahankan cara kerjanya atau tata letak. Sebaliknya, bertujuan untuk mempertahankan esensi sehingga terasa mirip meskipun fungsinya berbeda dari ukuran layar ke ukuran layar.

Pengujian Dunia Nyata

Jika Anda mengalami masalah dalam mengoptimalkan desain web Anda untuk perangkat yang berbeda, Anda sebaiknya pergi dan uji lapangan situs Anda sebelum ditayangkan. Ini akan membantu Anda memahami pengguna Anda dan menangkap masalah antarmuka pengguna atau kemacetan yang mungkin Anda lewatkan. Item yang perlu diperhatikan termasuk:

Masukan - Teknik masukan dapat berubah dari satu perangkat ke perangkat berikutnya, jadi jangan optimalkan desain untuk mouse saat pengguna akan menggunakan jari untuk menavigasi situs Anda. Ini juga berarti memberikan tombol yang lebih besar pada layar yang lebih kecil untuk mengakomodasi ketepatan jari yang lebih rendah dibandingkan dengan mouse.

Tipografi - Font yang Anda gunakan dapat membantu membuat atau menghancurkan pengalaman pengguna di perangkat yang berbeda. Apapun jenis huruf yang Anda pilih, pastikan itu memberikan nuansa seragam tidak peduli apa ukuran layar yang digunakan.

Konten - Pendekatan tata letak konten harus berskala bersama dengan ukuran untuk memastikannya secara efektif menyampaikan pesan yang dimaksudkan. Ini termasuk bergeser ke kolom yang lebih sedikit, mengurangi gambar dari deskripsi dan menyederhanakan informasi yang disajikan untuk memastikan bahwa pesan penting datang melalui tidak berantakan. Ini juga dapat mencakup perubahan seperti mengganti teks dengan ikon untuk mengakomodasi tata letak yang lebih ketat.

Komentar

Postingan Populer